Artikel SMAN 21 Surabaya

Print
Category: Uncategorised
Published Date
Written by Super User Hits: 3480

Artikel-Artikel SMAN 21 Surabaya RSBI ;

Hijau Sekolahku, Hijau Kelasku

ECHO SHOOL SMAXXI SURABAYA :
HIJAU SEKOLAHKU, HIJAU KELASKU DAN BERSIH KELASKU
By. Moh. Arifana, M.Pd (Kurikulum SMAN 21 Surabaya)

Dalam era memperingati Hari Bumi dan pelaksanaan Program Sekolah SMAN 21 Surabaya ’’HIJAU SEKOLAHKU, HIJAU KELASKU DAN BERSIH KELASKU ” telah melakukan banyak aktivitas dan terobosan dalam hal penghijauan dan lingkungan hidup di sekitar SMAN 21 Surabaya yang telah mendapat predikat  Echo School oleh Ibu Wali Kota Surabaya dan berstatus RSBI (Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional).
Program Penghijauan yang ada di SMAN 21 Surabaya sudah sangat melekat sehingga seluruh warga sekolah ....

Read More : HIJAU SEKOLAHKU, HIJAU KELASKU DAN BERSIH KELASKU


 Hemat Energi Listrrik Menyelamatkan Bumi

 Akhir-akhir ini di sekitar kita banyak ditemukan penggunaan listrik yang berlebihan. Seperti menyalakan lampu di siang hari, mengisi baterai telepon genggam maupun  penggunan laptop. Sehingga energi yang digunakan untuk mengisi baterai telepon genggam maupun laptop tersebut semakin banyak. Selain itu terkadang kita juga lupa bahkan sengaja tidak melepas kabel pengisi baterai dari stopkontak. Perlu kita ketahui bahwa energi akan terus mengalir pada kabel meskipun tidak digunakan. Hal ini tentu saja akan membuat energi listrik terbuang sia-sia.

Read more : Hemat Energi Listrik Menyelamatkan Bumi

 

Hemat Energi Disiplinkan Diri

Disiplin merupakan salah satu cara untuk mendewasakan diri kita agar kita dapat membagi waktu dengan baik untuk kegiatan-kegiatan yang kita lakukan. Tahukah kalian jika disiplin diri sangat diperlukan untuk menunjang kehidupan kita di masa yang akan datang? Bagaimana caranya? Banyak cara yang dapat kita tempuh agar kita dapat menjadi pribadi yang disiplin, di antaranya saat kita sedang berada di sekolah. Hal itu dapat diwujudkan dengan mematuhi tata tertib yang ada di sekolah kita. 

Read more : Hemat Energi Disiplinkan Diri

 

Manfaat Hemat Energi

Sejak kecil kita  sering mendengar nenek berkata , “hemat  pangkal kaya.” Berhemat adalah perbutan mulia, tetapi betulkah akan membuat kita kaya? Tentu saja berhemat dengan cara yang benar.

Begitu pula tak ada bedanya dengan penghematan energi dicapai dengan penggunaan energi secara efisien dimana manfaat yang sama diperoleh dengan menggunakan energi lebih sedikit, ataupun dengan mengurangi konsumsi dan kegitan yang menggunakan energi.

Read more : Manfaat Hemat Energi

 

Hemat Energi, Kenapa Tidak?

Sudah sejak lama kita sering mendengar istilah ‘Hemat Energi’, mulai dari usia dini hinggadewasa. Tidak hanya sekedar istilah, kita pun sudah sering diajarkan tentang “Bagaimana cara untuk menghemat energi?”. Penghematan energi merupakan suatu perbuatan dimana kita meminimalkan penggunaan energi dalam kehidupan sehari-hari, tidak ada salahnya bahkan sangatlah benarjika kita benar-benar menerapkannya. Manfaat dari hemat energi sendiri ada banyak macamnya, mulai dari menyayangi bumi, mengajarkan kita berpikir kritis untuk masa mendatang dan memperlama waktu habisnya persediaan energi. Energi yang sifatnya terbatas haruslah kita hemat penggunaannya, jika tidak? Maka kehidupan yang akan datang akan menjadi lebih buruk dari hari ini.

Read more : Hemat Energi, Mengapa Tidak?