Hemat Energi Disiplinkan Diri

Print
Category: Uncategorised
Published Date
Written by Super User Hits: 684

Disiplin merupakan salah satu cara untuk mendewasakan diri kita agar kita dapat membagi waktu dengan baik untuk kegiatan-kegiatan yang kita lakukan. Tahukah kalian jika disiplin diri sangat diperlukan untuk menunjang kehidupan kita di masa yang akan datang? Bagaimana caranya? Banyak cara yang dapat kita tempuh agar kita dapat menjadi pribadi yang disiplin, di antaranya saat kita sedang berada di sekolah. Hal itu dapat diwujudkan dengan mematuhi tata tertib yang ada di sekolah kita. 

Selain itu disiplin dalam hemat berenergi juga sangat dibutuhkan demi masa depan kita. Mengapa begitu? Dengan kita hemat berenergi maka secara tidak langsung kita telah mengajarkan pada diri kita tentang disiplin. Disiplin dalam hemat berenergi dapat diwujudkan melalui kegiatan-kegiatan kecil yaitu pertama mematikan lampu di siang hari. Bisa dibayangkan jika lampu terus menyala di siang hari, itu berarti sama saja dengan membuang-buang energi dan mempercepat terjadinya global warming. Kedua adalah dengan mengurangi konsumsi listrik pada alat-alat elektronik yang tidak terlalu dibutuhkan sangatlah penting  karena jika semakin sedikit listrik yang kita pakai itu artinya kita dapat menghemat energi dan tidak menjadi pribadi yang boros. Ketiga, mengurangi konsumsi AC. Dalam era globalisasi ini dapat kita lihat banyaknya konsumsi AC di Indonesia. Hampir setiap ruangan yang berada dalam rumah maupun kantor-kantor dan sekolah-sekolah sudah menggunakan AC. Memang, AC bisa menjadikan udara lebih dingin dan sejuk sehingga setiap orang betah untuk berada di dalamnya. Namun perlu diketahui bahaya AC bagi tubuh antara lain ; kulit akan mudah menjadi kering, bagi yang alergi dingin akan mudah masuk angin , pilek . Sirkulasi udara di dalam ruangan kurang lancar karena tertutup rapat .

kampanye Simpatik SMAN 21 Sby

Dan yang terakhir, segera mematikan kran jika air penuh. Hal ini perlu dijadikan sebagai kebiasaan kita sehari-hari, karena semakin kita membiasakan diri kita untu melakukan hal-hal baik maka semakin mudah bagi kita untuk memahami dan lebih peduli terhadap hal-hal di sekitar kita, salah satunya adalah energi. Ayo hemat energi !

 

Pavita & Aisyah (X-5)

SMA negeri 21 Surabaya