SMAN 21 Perbanyak Poster dan Mural Hemat Energi

Genderang penghematan energi semakin keras ditabuh SMAN 21. Terlebih setelah mereka berhasil lolos untuk tingkat perak gerakan penghematan energi secara terukur – Energy Challenge – yang diselenggarakan oleh Tunas Hijau bersama pemerintah Amerika Serikat dan pemerintah kota Surabaya dengan dukungan PT. SIER. 

Program terbaru yang mereka lakukan adalah pembuatan poster-poster dan mural hemat energi di sekolah mereka, Kamis (12/4). Uniknya, media yang digunakan untuk membuat poster dan mural ini tergolong tidak lazim. Bukan lagi kertas gambar untuk pembuatan poster. Bukan pula kain atau kanvas untuk pembuatan mural. Media yang digunakan untuk pempuatan poster adalah kardus bekas. Sedangkan media yang digunakan untuk pembuatan mural adalah bekas karung beras.

Peserta pembuatan poster hemat energi ini adalah siswa kelas 10. Masing-masing kelas mengikutsertakan satu kelompok. “Tiap kelompok terdiri dari 5-10 siswa. Total ada 10 kelompok,” ujar Husnul Muchtarijah, guru SMAN 21 Surabaya, peraih penghargaan Eco Teacher of the Year 2011 Surabaya Eco School kepada Tunas Hijau di sela pelaksanaan kegiatan.

Kepala SMA Negeri 21 Surabaya Siti Laila menjelaskan ini adalah bentuk keseriusan kami untuk melakukan penghematan energi. “Seluruh warga sekolah kami libatkan secara aktif untuk melakukan penghematan energi. Terbukti penggunaan energi di sekolah kami bisa terus menurun dari waktu ke waktu setelah program Energy Challenge dimulai,” kata Siti Laila.

Siti Laila mengatakan bahwa poster-poster dan mural hemat energi ini akan digunakan untuk mengampanyekan penghematan energi kepada warga sekolah dan masyarakat sekitar sekolah. “Besok akan kami pasang di kelas masing-masing saat penerimaan rapor yang akan dihadiri seluruh orang tua siswa kelas 10 dan 11. Setelahnya, akan kami gunakan untuk kampanye di jalan dalam rangka Hari Bumi,” kata Siti Laila kepada Tunas Hijau sambil merencanakan kampanye hemat energi turun jalan yang akan dilaksanakan.