MPLS SMA NEGERI 21 SURABAYA 2022

Print
Category: Uncategorised
Published Date
Written by Super User Hits: 26

 Selamat Datang Peserta Didik Baru SMA Negeri 21 Surabaya 

Tahun Pelajaran 2022-2023

 

Penerimaan peserta didik baru telah diumumkan, Pelaksanaan MPLS(Masa Pengenalan Lingkungan sekolah)  SMAN 21 Surabaya pun telah berakhir. MPLS   yang diawali dengan   masa Pra MPLS yang dilaksanakan  pada Jumat, 15 Juli 2022. Sedangkan MPLS dimulai pada Senin, 18 Juli 2022 hingga Kamis, 21 Juli 2022. Seluruh kegiatan dimulai pukul 06.30 hingga 14.30.WIB. Seluruh peserta MPLS mendapat buku panduan MPLS  SMA N 21 Surabaya Tahun Pelajaran 2022-2023.

(Pembukaan MPLS hari pertama SMAN 21 Surabaya (18 Juli 2022)

 

Tujuan diadakannya MPLS

     1. Peserta didik mampu beradaptasi dengan lingkungannya,

2. Peserta didik dapat saling mengenal sesama peserta didik baru dan warga sekolah lainnya,

3. Siswa dapat mengetahui lebih jauh tentang cara belajar ditingkat pendidikan menengah atau SMA,

4. Peserta didik dapat mengenali potensi diri masing masing,

5. Peserta didik memiliki integritas,etos kerja,dan semangat gotong royong.

 

Total keseluruhan Peserta Didik Baru yang mengikuti pra MPLS ada 319 siswa. Selama kegiatan MPLS para peserta didik baru dibagi menjadi 10 gugus yang masing masing berisi 31-32 siswa.

 Jadwal pelaksanaan  MPLS  :

 

1.      Senin, 18 Juli 2022, pembukaan acara dan pemberian materi yang disampaikan oleh Bapak /Ibu guru. 

 

 

Apel Pembukaan MPLS (18 Juli 2022)

Pemberian materi visi-misi sekolah oleh guru

 Kehadiran Marselino Ferdinan (Pemain Timnas U-19 dan Senior) dalam Kegiatan MPLS Hari Pertama

 

2. Selasa , 19 Juli 2022, diisi materi yang disampaikan oleh Polsek Sawahan (Narkoba & Cybercrime), sosialisasi OSIS-MPK, serta sosialisasi ekstrakurikuler di dalam kelas

 

Sosialisasi Materi Narkoba dan Cybercrime oleh Polsek Sawahan

 

 

Sosialisasi OSIS-MPK

3. Rabu, 20 Juli 2022, diisi dengan kegiatan senam ersama dan PBB di lapangan, dilanjutkan materi di aula dan keliling  sekolah untuk mengenal lingkungan SMAN 21 Surabaya.

 

 

Kegiatan Outbond Training

 

4. Kamis, 21 Juli 2022, penampilan demonstrasi ekstrakurikuler dan penutupan acara

Salah satu penampilan demonstrasi ekskul outdoor – Paskibra

 

Materi yang disampaikan dalam MPLS

1.        Vivi Misi dan Program Sekolah

2.        Tata tertib sekolah

3.        Wiyata Mandala

4.        Cara Belajar Efektif dan Peminatan

5.        Sosialisasi OSIS-MPK

6.        Sosialisasi Ekstrakurikuler

7.        Wawasan Kebangsaan

8.        Persatuan Baris-berbaris

9.        Outbond Training

 

Sukses untuk OSIS dan MPK atas kinerjanya, sukses SMAN 21 Surabaya 

 

DIRGAHAYU SMAN 21 SURABAYA KE-33TH

Print
Category: Uncategorised
Published Date
Written by Super User Hits: 40

 

INFO' PRESTASI DARI MEDIA MASSA

Print
Category: Uncategorised
Published Date
Written by Super User Hits: 76

 

SMA Negeri 21 Surabaya Menjuarai Kompetisi AISEEF, Gondol Medali Emas 

 

Minggu, 6 Februari 2022 11:58 WIB

 

 

 

 

POSKOTA JATIM - SMA Negeri 21 Surabaya, mencetak prestasi yang membanggakan, yakni mendapatkan medali emas dalam kompetisi tingkat internasional, yakni Kompetisi Asean Innovative Science, Evironmental and Entrepreneur Fair (AISEEF), yang dilaksanakan tanggal 2 hingga 5 Februari 2022, di Universitas Diponegoro Semarang. 

Mereka yang mendapatkan medali emas adalah; Nashira Laksista Jasmijn, Shabrina Meidita Putri Aulia, Anindya Gita Fakhrana Nugraheni, Mawla Indra Prameswari, Arika Rahmania, mereka adalah para siswa kelas X.Mereka berhasil menjuarai kompetisi ilmiah untuk kategori lingkungan hidup. Karya ilmiah mereka bawakan berjudul Water Inquiry Using Macroinvertebrates as the Water Quality Indicator in Kalimas River Surabaya. 

 

Penelitian ini bertujuan untuk melihat tingkat pencemaran sungai, dengan menggunakan bio  indikator macroinvertebrata, ini adalah sebuah indikator yang lebih real, karena tidak menggunakan indikator kimia atau fisika, dan bisa untuk mendeteksi semua tingkat biologi, mulai dari dari tingkat molekuler hingga ekosistem. Seperti diketahui AISEEF merupakan kompetisi ilmiah internasional yang bergengsi, meliputi  bidang sains, lingkungan dan inovasi kewirausahaan.Pelaksanaannya diperuntukkan peneliti-peneliti muda yang masih berada di tingkat pelajar, khususnya mereka yang ada di negara-negara Asia Tenggara.  


Pada tahun 2022, AISEEF dilaksanakan di Semarang, bersama Ikatan Ilmuwan Muda Indonesia (IYSA) yang menjalin kerjasama dengan Teknik Fakultas Universitas Diponegoro.**

 

https://jatim.poskota.co.id/2022/02/06/sma-negeri-21-surabaya-

 

Tim Dokumentasi 21

 

Kegiatan BAPER (Bawa Perubahan) 2022 - Sharing Antar OSIS-MPK SMA/SMK Surbaya

Print
Category: Uncategorised
Published Date
Written by Super User Hits: 80

 

BAPER (Bawa Perubahan) merupakan salah satu program kerja tahunan dari OSIS-MPK SMAN 21 SURABAYA dimana dalam kegiatan ini berupa sharing antar OSIS-MPK SMA/SMK Surabaya dan mengenal lebih dalam mengenai organisasi, melatih kepemimpinan, mengembangkan solidaritas, dan kreatifitas, serta menambah relasi bersama OSIS-MPK dari sekolah-sekolah lain di Surabaya.

 

BAPER 2022 mengangkat tema “BLAST” : Born to Give A Light and Good Change by Sharing Our Positive and Active Energy

Yang artinya adalah bahwa siswa-siswi SMA/MA se-Surabaya memiliki potensi untuk membawa perubahan yang baik dengan berbagi energi yang positif dan aktif. Dalam kegiatan ini peserta dapat mengembangkan solidaritas, kreativitas, dan mengasah kerjasama tim. Oleh karena itu, kegiatan ini dilaksanakan semaksimal mungkin agar tercipta suatu interaksi yang menyenangkan dan mengedukasi.

 

Tim Dokumentasi 21

 

INFO PRESTASI DARI MEDIA MASSA

Print
Category: Uncategorised
Published Date
Written by Super User Hits: 72

Indrmawan : 8 Februari 2022, 20:45 WIB

https://mediajawatimur.pikiran-rakyat.com/jawatimuran/pr-1693686478/

MEDIA JAWA TIMUR - SMA Negeri 21 Surabaya, mencetak prestasi yang membanggakan pada ajang ASEAN Innovative Science, Evironmental and Entrepreneur Fair (AISEEF) yang digelar 2-5 Februari 2022 di Universitas Diponegoro, Semarang.

Pada kompetisi ilmiah internasional bergengsi yang mencakup bidang sains, lingkungan dan inovasi kewirausahaan ini SMA Negeri 21 Surabaya meraih 1 medali emas, dan dua medali perak. Para peraih medali emas ini merupakan siswa kelas X, yakni Nashira Laksista Jasmijn, Shabrina Meidita Putri Aulia, Anindya Gita Fakhrana Nugraheni, Mawla Indra Prameswari dan Arika Rahmania.

Mereka berhasil menjuarai kompetisi ilmiah untuk kategori lingkungan hidup. Karya ilmiah mereka bawakan berjudul 'Water Inquiry Using Macroinvertebrates as the Water Quality Indicator in Kalimas River Surabaya.'

 

Penelitian ini bertujuan untuk melihat tingkat pencemaran sungai, dengan menggunakan bio indikator macroinvertebrata. Ini adalah sebuah indikator yang lebih real, karena tidak menggunakan indikator kimia atau fisika, dan bisa untuk mendeteksi semua tingkat biologi, mulai dari dari tingkat molekuler hingga ekosistem.

 

Selain medali emasSMA Negeri 21 Surabaya juga berhasil meraih 2 medali perak. Medali perak pertama untuk inovasi '3 in 1 Air Freshener Made from Sanseiviera trifasciata, Cymbopogon nardus, and Citrus aurantifoilia Extract' dari tim kelas XI, yaitu Farah Diba, Yon Desita, Jihan Nur, Achmad Dani dan Annisa Kusuma.

Medali perak kedua diraih dari inovasi 'Cane-based Visual Aid Tool Anduino Uno and Use of Security Alarm' karya Syiva Safana Nabila, Fransiska Elsa Dina Mareta, Nastiti Kusdyah Setyowati, Raniah Maritza dan Vania Putri Paramitha yang juga para siswa kelas XI.

Kompetisi ini diselenggarakan secara hybrid dengan 20 negara peserta,” buka Budi Santoso, M.Pd., C.Ht., guru pembimbing tim perwakilan SMA Negeri 21 Surabaya kepada Media Jawa Timur. Dilanjutkannya, mekanisme lomba diawali dengan seleksi abstrak, jurnal, video babak penyisihan, dan selanjutnya kompetisi presentasi online atau offline para inventors di depan para juri secara hybrid.Budi Santoso juga menambahkan, tahun ini SMA Negeri 21 menurunkan 3 tim.

“Terdiri dari 1 tim di bidang Environmental dan 2 tim di bidang Bio Assesment dan Innovative Sains,” ungkap Budi.

Sebagai informasi, tahun 2022 ini, AISEEF dilaksanakan pada tanggal 2-5 Februari 2022 di Semarang, bersama Ikatan Ilmuwan Muda Indonesia (IYSA) yang menjalin kerjasama dengan Fakultas Teknik Universitas Diponegoro. Pelaksanaannya diperuntukkan bagi para peneliti muda yang masih berada di tingkat pelajar, khususnya mereka yang ada di negara-negara Asia Tenggara.

***

 

https://mediajawatimur.pikiran-rakyat.com/jawatimuran/pr-1693686478/

 

Tim Dokumentasi 21